Selasa, 07 November 2023

Macam Macam Gigi Tiruan

Pengertian gigi tiruan

Gigi tiruan atau protesa adalah pengganti gigi yang hilang akibat  proses pencabutan atau trauma. Gigi tiruan berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dalam mengunyah, berbicara dan memberikan dukungan untuk otot wajah. Selain itu, gigi tiruan meningkatkan penampilan wajah dan senyum. Gigi tiruan secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu gigi tiruan penuh ( Full Crown) dan gigi tiruan sebagian (Partial Crown).

Fungsi gigi tiruan

Pembuatan gigi tiruan adalah perawatan yang ditujukan untuk menggantikan gigi yang hilang dan jaringan lunak di sekitarnya dengan suatu gigi tiruan. Gigi tiruan ini digunakan dengan tujuan agar fungsi pengunyahan, fungsi berbicara dan fungsi estetik.(Osmari D,dkk,2015) yang hilang dapat dikembalikan dan kesehatan jaringan pendukung tetap dipertahankan dalam keadaan optimal.

Macam-macam gigi tiruan

1. Gigi tiruan cekat

Gigi tiruan cekat merupakan piranti prostetik permanen yang melekat pada gigi yang masih tersisa, yang menggantikan satu atau lebih kehilangan gigi. Jenis restorasi ini telah lama disebut dengan gigi tiruan jembatan (Machmud E,2011).




2. Gigi tiruan lepasan lengkap

Gigi tiruan penuh atau gigi tiruan lengkap didefinisikan sebagai protesa gigi yang menggantikan seluruh gigi geligi dan struktur pendukungnya baik pada maksila maupun mandibula. Dapat juga didefinisikan sebagai seni dan sains pemulihan pada mulut yang tidak bergigi. Pada umumnya gigi tiruan penuh dibuat untuk pasien geriatric, juga pada beberapa pasien muda yang lahir dengan kelainan gigi atau tidak adanya gigi geligi pada lengkung rahang (Gunadi H,dkk,2012).



3. Gigi tiruan lepasan sebagian

Gigi tiruan sebagian adalah gigi tiruan yang menggantikan satu atau lebih gigi asli, tetapi tidak seluruh gigi asli dan atau struktur pendukungnya, di dukung oleh gigi serta mukosa, yang dapat dilepas dari mulut dan dipasang kembali oleh pemakainya. Penggantian ini dimaksudkan untuk mencegah perubahan degeneratif yang timbul sebagai akibat hilangnya gigi dan karenanya kesehatan mulut yang optimal termasuk fungsi geliginya dapat dipertahankan.(Gunadi H,dkk,2012)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profilku

  Hallo perkenalkan nama saya Davva Rifqi Arga Nuryanta biasa dipanggil Davva. Saya lahir di Madiun, 13 Juli 2002. Saya mahasiswa Poltekkes ...