Selasa, 07 November 2023

Pemeliharaan Gigi Tiruan

Pemeliharaan gigi tiruan

Gigi geligi tiruan harus di keluarkan dari mulut dan dibersihkan secara berkala dan disikat sekurang- kurangnya dua kali sehari, dengan sikat yang halus dan deterjen cair sebagai pembersih. Dalam hal ini, deterjen lebih baik daripada pasta gigi, karena kurang abrasive, sehingga dapat mencegah terjadinya goresan pada resin. Pembersihan tadi sebaiknya dilakukan di atas basin yang sebagian terisi air atau handuk basah, untuk memperkecil kemungkinan pecahnya geligi tiruan. Bila tidak digunakan pada malam hari, protesa sebaiknya direndam dalam suatu tempat berisi air bersih untuk menghindari terjadinya proses pengeringan atau berubahnya bentuk basis resin.

Penyusutan tulang rahang teryata terjadi lebih besar pada mereka yang memakai geligi tiruannya terus menerus, dibanding mereka yang hanya memakainya pada siang hari saja. Pemeriksaan gigi tiruan sebaiknya dilakukan 6 bulan sekali, untuk melihat gigi-gigi dan jaringan pendukung serta untuk mengidentifikasi adanya karies dan penyakit periodontal.  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profilku

  Hallo perkenalkan nama saya Davva Rifqi Arga Nuryanta biasa dipanggil Davva. Saya lahir di Madiun, 13 Juli 2002. Saya mahasiswa Poltekkes ...